6 Laptop Terbaik untuk Desain Grafis


Laptop Terbaik untuk Desain Grafis - Revolusi dan kemajuan besar-besaran dalam teknologi komputasi menunjukkan bahwa kita sekarang berada di era komputer yang cerdas, canggih, dan super cepat yang dapat memproses program dan algoritme kompleks secara efisien. 

Ada berbagai produsen di pasar yang memproduksi serangkaian laptop dalam kisaran yang beragam untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang berbeda. 

Misalnya, desainer grafis memiliki persyaratan yang berbeda dengan gamers dan konsumen lainnya.

Seperti profesi lainnya, desainer grafis membutuhkan jenis alat dan platform yang tepat agar efisien dan menciptakan kisah sukses mereka. 

Desain Grafis:

Memiliki laptop yang efisien dan responsif yang mengoptimalkan kinerja dan memberikan kemudahan bekerja sangatlah penting. 

Anda tidak perlu laptop desain grafis yang mahal untuk desain grafis karena ada banyak pilihan terjangkau di pasar yang hadir dengan perangkat lunak yang kuat dan spesifikasi yang baik untuk memberikan solusi yang efisien untuk kebutuhan desain Anda. 

Mari simak beberapa daftar laptop berikut:


10 Laptop Desain Grafis Terbaik tahun 2020 - 2021

Dibawah ini kami mendokumentasikan beberapa laptop terbaik untuk desain grafis yang memiliki spesifikasi bagus dan memberikan efisiensi yang diperlukan untuk berbagai kebutuhan Anda seperti Adobe suite di antara:

1 - Apple MacBook Pro


Jika Anda telah dibesarkan di ekosistem Apple, maka Anda mungkin akan kesulitan bermigrasi ke sistem operasi Windows. 

Ada berbagai pilihan di dunia Apple dalam hal laptop yang efisien. 

Apple MacBook Pro adalah salah satu opsi terbaik yang memiliki kekuatan pemrosesan yang baik, perangkat lunak yang kuat, dan spesifikasi yang efisien untuk memenuhi sebagian besar persyaratan pemrosesan Anda. 

Laptop ini hadir dengan prosesor i7 serta RAM 16 GB. Selain itu, MacBook Pro hadir dengan kartu grafis AMD Radeon Pro serta layar resolusi tinggi, yang berarti komputer tersebut mampu menangani aplikasi grafis yang luas seperti perangkat lunak desain dan pengeditan video. 

Laptop ink juga dilengkapi dengan penyimpanan flash 512 GB. Laptop ini juga memiliki layar retina dengan panel 13,3 inci serta resolusi asli tinggi yang berkisar antara 4K dan ultra HD penuh. 

Warna pada laptop desain grafis ini terlihat cemerlang, dan teksnya juga sangat tajam. Ia juga memiliki fitur true tone yang mengoptimalkan sifat cahaya ambient layar white balance di sekitar laptop. 

Layar MacBook Pro memiliki beberapa keunggulan dibandingkan MacBook Air, seperti tingkat kecerahan yang lebih tinggi serta dukungan gamut warna P3 yang menawarkan rangkaian warna yang lebih beragam. 

Kamera di laptop ini dilengkapi dengan webcam 720p, yang menawarkan kualitas video yang lumayan. MacBook Pro memiliki pembaca sidik jari bawaan yang dikenal sebagai sensor id sentuh di ekosistem Apple. 

Sensor ini terletak di pojok atas pada keyboard, dan touch ID ini juga berfungsi sebagai tombol power pada laptop. Touch ID juga menyediakan fungsionalitas tambahan dari otentikasi pembayaran Apple untuk pembelian serta memberikan izin untuk berbagai app tanpa memerlukan pengetikan fisik kata sandi macOS.   

Pro dan kontra: MacBook Pro memiliki banyak manfaat, tetapi memiliki beberapa kekurangan juga. Kami akan mencantumkan beberapa pro dan kontra di sini. 

Keunggulannya termasuk kenyamanan keyboard yang ditingkatkan, layar retina yang cemerlang, masa pakai baterai yang tahan lama, kinerja komputasi yang sangat baik, dan grafik yang bagus. 

Kekurangan dari laptop ini termasuk mahal, variasi port terbatas dan kurangnya dukungan untuk Wi-Fi 6.


2 - Lenovo Z70

USP terbesar dari laptop Lenovo Z70 adalah layar nya yang super besar yang tentunya mampu menghidupkan gambar dan video serta memberikan pengalaman menonton yang luar biasa dan sempurna. 

Model ini memiliki spesifikasi yang layak, dan memiliki kekuatan pemrosesan yang cukup untuk memenuhi persyaratan desain grafis yang diminta oleh perangkat lunak. 

Lenovo Z70 dilengkapi dengan prosesor Intel Core i7, dan memiliki ukuran layar full HD 17,20 inci. 

Laptop ini dikemas dengan RAM 8 GB, dan memiliki penyimpanan hard disk 1 TB. Laptop ini berjalan pada sistem operasi Windows 10 dan beratnya sekitar 2,99 kg yang sangat ringan dan sangat portabel. 

Sejauh menyangkut opsi konektivitas, Anda mendapatkan Wi-Fi 802.11 ac plus memiliki 2 port USB, port VGA, port HDMI, dan Mic di port.  

Prosesor Intel i7-5500U yang dikemas dengan laptop ini adalah prosesor generasi kelima, dan memiliki kecepatan dasar 2.2GHz serta turbo boost hingga 2.7 GHz yang cukup untuk sebagian besar aplikasi, program dan perangkat lunak yang mungkin Anda kerjakan. 

Dari segi grafis, Lenovo Z70 memiliki prosesor Nvidia GeForce GT840M untuk grafis, dan hadir dengan RAM video sebesar 2 GB. 

Kartu grafis ini dikombinasikan dengan prosesor yang Anda dapatkan memberikan daya pemrosesan yang cukup untuk menjalankan sebagian besar game, namun ada beberapa judul game intensif di mana Anda perlu mengurangi resolusi dan pengaturan grafis untuk kinerja yang lebih baik.

Lenovo Z70 memiliki masa pakai baterai yang layak hingga hampir 4 jam dan Anda harus menyelesaikan sebagian besar tugas Anda pada hari itu. 

Secara keseluruhan, apa yang Anda dapatkan dengan Lenovo Z70 adalah performa solid yang tersedia dengan harga yang wajar. 

Anda mendapatkan kinerja game yang layak dan pengalaman menonton yang luar biasa dengan laptop ini. 

Kelebihan laptop ini termasuk prosesor yang kuat, keyboard yang nyaman, dan layar full HD yang cukup besar. Beberapa kekurangannya termasuk masa pakai baterai yang bisa sedikit lebih baik pada titik harga ini dan kurangnya keyboard dengan lampu latar. 


3 - Acer Aspire Nitro


Acer kini telah memantapkan dirinya sebagai salah satu merek terkemuka di industri komputasi. Laptop Acer untuk desain grafis dapat diandalkan, dan Anda dapat mengharapkan kinerja luar biasa dari produk perusahaan. 

Acer Aspire V17 Nitro memiliki prosesor i7 dan 2 GB unit pengolah grafis yang membuat laptop ini cukup kuat untuk menangani persyaratan desain grafis dan juga sebagian besar game yang intensif visual di pasar. 

Acer Aspire V17 Nitro hadir dengan penyimpanan hard disk 2TB yang berarti Anda memiliki ruang yang cukup untuk semua kebutuhan penyimpanan Anda seperti aplikasi, film, game, dan musik. 

Acer Aspire V17 Nitro hadir dengan 16 GB RAM, yang berarti super responsif dan laptop dapat melakukan banyak tugas program yang berbeda serta aplikasi secara efisien tanpa pernah tertinggal atau menyebabkan penundaan. 

Karena spesifikasinya, Acer Aspire V17 Nitro juga dapat digunakan sebagai laptop gaming, dan kartu grafis Nvidia GeForce GTX 860M yang kuat memastikan bahwa konsumen mendapatkan pengalaman bermain game yang paling mulus. 

Sejauh menyangkut masa pakai baterai, Anda mendapatkan sekitar tujuh setengah jam durasi baterai dengan laptop ini dalam sekali pengisian daya. Ini layak dan berhasil untuk sebagian besar konsumen; namun, jika Anda adalah pengguna berat yang sering bepergian, Anda bisa mengharapkan sedikit lebih baik di departemen ini. 

Dari segi tampilan, Acer Aspire V17 Nitro hadir dengan panel full HD, dan memiliki sudut pandang yang luas serta teknologi in-plane switching untuk pengalaman pengguna terbaik. 

Anda juga mendapatkan webcam HD dengan laptop ini; namun, di sini penting untuk dicatat bahwa webcam ini tidak mendukung deteksi wajah untuk masuk ke Windows. 

Tidak ada pilihan pembaca sidik jari sehingga Anda harus bergantung pada metode tradisional untuk mengetikkan kata sandi. 

Keunggulan Acer Aspire V17 Nitro termasuk teknologi pelacakan mata inbuilt dan penyertaan keyboard yang kokoh untuk ketahanan. 

Dari segi kekurangan, laptop ini memiliki touchpad yang berukuran kecil, dan memiliki warna layar Matte kusam yang menyebabkan beberapa jendela menjadi kabur. 


4 - ASUS Transformer Book


Ini merupakan laptop bertenaga dalam kategori harganya, dan dilengkapi dengan fitur layar sentuh bagi konsumen yang lebih menyukai tampilan yang interaktif dan responsif. 

Banyak desainer grafis lebih menyukai fitur layar sentuh karena memungkinkan mereka beroperasi lebih baik dengan alur kerja mereka. 

ASUS transformer book T200 TA hadir dengan prosesor 64-bit Quad-core, dan dilengkapi dengan RAM 4 GB serta penyimpanan SSD 64 GB. 

Laptop ini memiliki layar 12 inci yang dapat dilepas, dan ini berarti laptop ini sangat portabel dan Anda dapat membawanya ke mana saja. 

Buku trafo ASUS T200 TA hadir dengan layar sentuh IPS yang mengkilap, dan memiliki sudut pandang yang bagus. 

Dalam hal baterai, Anda dapat menggunakan hampir satu hari penuh pada ASUS transformer book T200 TA dengan sekali pengisian daya. 

Perkiraan waktu penggunaan baterai terus menerus non-stop adalah sekitar 10,4 jam yang berarti Anda dapat menggunakan komputer ini secara ekstensif tanpa harus khawatir baterai akan segera habis.

ASUS transformer book T200 TA tidak menyediakan SSD atau memori yang dapat diupgrade, namun jika Anda mau, Anda dapat memilih untuk menginstal SSD atau hard drive SATA di dock keyboard. 

Laptop ini memiliki keyboard ukuran penuh non-backlit, dan sangat nyaman digunakan karena touchpad terletak di tengah dek keyboard. Layar 11.6 'memiliki resolusi 1366 x 768, dan menyediakan kemampuan 10 titik sentuh. 

Panel IPS ini memungkinkan Anda untuk melihat aksi dari hampir semua sudut. Halaman web dan video YouTube terlihat bagus, sedangkan layar sentuhnya sangat responsif. 

Volume dari speaker yang ada di dalamnya lembut, dan jika Anda ingin suara yang lebih intens, maka Anda perlu menggunakan headphone untuk mendengarkan musik dan hal lainnya.   

USP terbesar dari laptop hybrid ini adalah fitur tablet 2-in-1 yang dapat dilepas. Selain itu, kelebihannya termasuk in-plane switching dari layar IPS dan hard drive SATA yang dapat diakses pengguna di dok. 

Laptop ini juga dilengkapi dengan port Ethernet. Dari segi kekurangan, laptop ini hanya hadir dengan SSD 40 GB yang bisa jadi lebih banyak dan speaker yang lembut serta port micro USB dan micro HDMI. 


5 - ASUS ROG G752VL


ASUS ROG G752VL adalah laptop ringan yang berarti sangat portabel, sehingga memenuhi salah satu kriteria penting para desainer grafis . 

Laptop ini dilengkapi dengan prosesor generasi ke-6 milik keluarga Intel Core i7, dan memiliki penyimpanan HDD 1 TB. Selain itu, ASUS ROG G752VL memiliki RAM DDR4 16 GB, yang berarti laptop ini super responsif dan dapat menangani berbagai aplikasi intensif proses secara bersamaan. 

Dimasukkannya spesifikasi grafis yang sangat baik dalam bentuk kartu Nvidia GeForce GTX membuat laptop ini ideal untuk game dan software yang intensif grafis . 

Dari segi build dan eksterior, ASUS ROG G752VL hadir dengan tampilan tembaga plasma dan armor titanium yang terlihat menawan. 

Kisi kipas belakang sangat mengesankan dan merupakan sesuatu yang biasanya Anda temukan di pameran mobil prototipe. Anda juga akan menemukan beberapa LED merah yang terletak di dalam gril, sehingga terlihat seperti knalpot panas. 

Keyboard yang disertakan dengan laptop ini memiliki jarak yang baik, dan memiliki pola gaya chic-let yang brilian ditambah super responsif, yang selalu penting saat Anda bekerja dengan laptop Anda. 

Keyboard ini juga dilengkapi teknologi anti-ghosting keyboard dari Asus. Ada juga tombol khusus untuk merekam serta tombol yang dapat diprogram makro yang terletak di atas keyboard, dan ini dapat dikonfigurasi untuk menyediakan akses cepat ke fungsi preset dalam game yang merupakan tambahan yang sangat produktif bagi para gamer hardcore. 

Trackpad pada laptop ini super responsif, halus dan berukuran besar.  

Meskipun dapat dimengerti bahwa itu tidak menggantikan kemampuan mouse presisi, ini dapat berfungsi sebagai pengganti yang efisien untuk penggunaan umum dan game RTS yang bergerak jauh lebih lambat. 

ASUS ROG G752VL hadir dengan banyak port sehingga Anda dapat mencolokkan periferal yang berbeda sesuai keinginan Anda.  

Beberapa kelebihan laptop ini termasuk spesifikasi kelas atas serta performa yang berkualitas. 

Dimasukkannya teknologi G-Sync penting membantu kelancaran permainan, dan laptop hadir dengan desain istimewa yang menarik. 

Beberapa kekurangan yang terkait dengan laptop ini termasuk desain yang agak berat dan pengecualian layar 4K serta daya tahan baterai yang rata-rata. 


6 - Asus Zenbook


Asus Zenbook merupakan kombinasi luar biasa dari penampilan memukau dan kinerja bertenaga yang dikemas menjadi satu. 

Layar 13 inci Asus Zenbook mengusung bodi eksternal serba logam yang memberikan tampilan premium. Sebagai elemen signature notebook ini, lingkaran logam konsentris merupakan salah satu fitur mengesankan yang menambah estetika ultrabook ini. 

Bobot Zenbook ini kira-kira 1,45 kg, dan tidak terasa sangat ramping atau ringan saat Anda memegangnya di tangan. 

Kualitas rakitan notebook ini luar biasa dan kokoh, sehingga menambah kekokohan laptop ini. 

Asus Zenbook UX303UB memiliki keyboard bergaya chiclet dan tombol pada keyboard ini sangat nyaman untuk mengetik. 

keyboard dengan lampu latar yang selalu merupakan fitur luar biasa untuk dimiliki jika Anda cenderung mengetik dalam kegelapan. 

Dek keyboard pada Asus Zenbook UX303UB menyediakan sandaran tangan dengan jangkauan lebar yang nyaman untuk menjaga pergelangan tangan Anda tetap di sana tanpa menimbulkan hambatan apa pun. 

Dalam hal spesifikasi, Anda mendapatkan prosesor Intel Core i5-6200U @ 2,3 GHz, dan berjalan pada sistem operasi Windows 10 (64 bit). 

Laptop ini hadir dengan RAM 4 GB dan penyimpanan HDD 1 TB. Ini memiliki layar 13,3 inci dengan resolusi layar full HD. Anda juga mendapatkan kartu grafis Nvidia GeForce dengan memori video 2 GB ditambah unit pemrosesan grafis Intel HD 520 terintegrasi. 

Aksesoris yang Anda dapatkan dengan laptop ini adalah kabel dan selongsong. 

Kelebihan dari perangkat ini adalah tampilan menarik serta desain tutup layarnya. Selain itu, Anda mendapatkan kinerja komputasi yang luar biasa dari perangkat ini sejalan dengan kinerja standar dalam kategori ini. 

Sisi negatifnya, masa pakai baterai bisa sedikit rata-rata, dan keseluruhan laptop terasa agak kikuk dan berat untuk versi ultrabook .


Apa yang harus dicari di laptop untuk desain grafis?

Ketika Anda mencari untuk membeli laptop terbaik untuk desain grafis, maka penting bahwa Anda harus melihat beberapa parameter dan spesifikasi tertentu yang akan menjadi indikator untuk keputusan akhir Anda. Mari kita lihat.

Prosesor: Prosesor adalah salah satu pertimbangan terpenting saat Anda membeli laptop untuk desain grafis. Prosesor yang lebih baik akan menangani sebagian besar aplikasi dan program secara efisien, sehingga meningkatkan produktivitas jam kerja Anda.

Spesifikasi visual juga sangat penting bagi desainer grafis, mereka berurusan dengan perangkat lunak dan aplikasi grafis ekstensif untuk pekerjaan mereka. Anda harus memilih laptop dengan unit pemrosesan grafis yang sesuai untuk hasil terbaik.

Memori: RAM yang disertakan dengan laptop Anda sangat penting dalam multi-tasking yang efisien dari berbagai proses aplikasi yang ekstensif. 

Jika Anda menginginkan pengalaman kerja yang lancar di laptop Anda - tanpa jeda atau kesalahan, maka Anda harus menggunakan laptop dengan spesifikasi RAM yang lebih tinggi. RAM membantu dalam menyediakan peralihan yang mulus antar aplikasi serta menggulir beberapa file. 

Penyimpanan: Opsi penyimpanan berbeda yang Anda dapatkan dengan laptop saat ini adalah SSD atau HDD. Meskipun HDD memberikan kapasitas lebih dan umumnya lebih murah jika dibandingkan, tetapi dapat terbukti bermasalah di laptop. 

Di sisi lain, solid-state drive (SSD) lebih cepat, lebih tahan lama, dan lebih ringan daripada hard drive sehingga Anda harus lebih memilih laptop SSD daripada laptop HDD. Selain itu, spesifikasi penyimpanan yang lebih tinggi di laptop merupakan keuntungan tambahan karena Anda mendapatkan lebih banyak ruang untuk kebutuhan Anda yang berbeda. 

Jenis dan ukuran tampilan: Karena desain grafis adalah domain visual, spesifikasi tampilan sangat penting saat Anda memilih laptop untuk kebutuhan grafis Anda. 

Jika Anda bisa, Anda harus memilih komputer desain grafis dengan ukuran layar 15 inci atau lebih karena apa pun di bawahnya yang agak terlalu kecil untuk persyaratan grafis. Ada berbagai laptop sekarang yang hadir dengan fitur layar sentuh untuk menambah daya tanggap.

Laptop ini juga berfungsi ganda sebagai tablet sehingga menyediakan opsi ganda. Selain itu, panel layar full HD pada laptop jelas sempurna untuk dilihat dan memberikan pengalaman tampilan yang superior bagi orang lain. Jika Anda memiliki aplikasi grafis yang intensif dan ingin bermain game, maka layar besar dan dukungan full HD dengan fitur layar sentuh jelas diinginkan. 

Akurasi warna: Keakuratan warna dan representasi yang sesuai untuk beragam warna merupakan aspek penting dari layar monitor mana pun. Biasanya saat Anda mencari layar komputer yang bagus, Anda harus memastikan bahwa layar tersebut memiliki Adobe RBG yang lengkap. 

Jika akurasi warna bukan yang Anda cari, mungkin Anda bisa memilih monitor yang memiliki 100% sRGB. Pengukuran akurasi warna dilakukan di Delta-E, yang menunjukkan seberapa jauh layar dari memberikan akurasi penuh. Jadi, semakin rendah angka Delta-E, semakin baik layar dalam hal akurasi warnanya. Jika Anda mencari layar representasi warna yang akurat, maka Anda harus mencari angka Delta-E, yang kurang dari 5.