Sejarah Evolusi Desain Logo BMW


Sejarah Evolusi Desain Logo BMW - 
Bayerische Motoren Werk AG, atau biasa lebih dikenal sebagai BMW , telah menandai posisinya di pasar mobil dan terus menunjukkan pertumbuhan yang konsisten.

Dibentuk pada Maret 1916, pabrikan BNW sendiri telah menjual lebih dari  2,1 juta mobil pada 2018, 100 tahun setelah dibuat.

Pendapatan yang dihasilkannya tentu cukup eksponensial, dan telah menciptakan lapangan kerja kurang lebih 100.000 orang di seluruh dunia.

Tidak diragukan lagi bahwa perusahaan ini telah membuat perbedaan yang cukup besar dengan model mobil mewahnya yang memenuhi selera yang berbeda dengan ragamnya yang beragam.

Setiap mobil yang keluar dari garasi mereka tentu tidak lengkap tanpa logonya yang berwarna hitam, biru dan putih.

Bagaimana sejarah dibalik logo BMW yang terkenal itu? Mari kita cari tahu.


Mitos seputar desain logo BMW

Sumber gambar : (linkbotdesign.com)
Simbol perfeksionisme, desain berkualitas tinggi, dan teknik yang kuat telah membawa kebingungan seiring berlalunya waktu. 

Logo BMW yang bernilai hampir $100 miliar telah menarik beberapa kesimpulan bahwa logo tersebut dirancang berdasarkan baling-baling pesawat penumpang kecil. 

Desain logo memiliki bentuk yang mirip dengan baling-baling pesawat yang berputar. 

Ini berasal dari iklan tahun 1929 (di atas) yang menunjukkan logo di baling-baling pesawat yang berputar untuk mempromosikan mesin pesawat baru yang sedang dibangun BMW. "Untuk waktu yang lama, BMW melakukan sedikit upaya untuk memperbaiki mitos bahwa lencana BMW adalah baling-baling," kata artikel itu, "jadi berpegang pada cerita bahwa BMW adalah baling-baling tidak akan sepenuhnya salah".


Selain itu, empat segmen berbeda dalam logo terlihat serupa dengan tampilan baling-baling di siang hari karena pantulan matahari.

Percaya bahwa logo BMW terinspirasi oleh baling-baling pesawat terbang juga diperdalam oleh fakta bahwa Bavarian Luftwaffe digunakan pesawat yang berwarna biru dan putih  selama Perang Dunia I .

Michelle Parnell, yang merupakan ahli penulisan sejarah dan sains untuk  layanan penulisan tugas terbaik  dan juga untuk  Topresume  menyebutkan bahwa ada penyebab lain dari teori ini.

Dia mengatakan BMW diyakini memiliki warisan dalam pembuatan mesin pesawat dan mesin buatan selama Perang Dunia I. 

Banyak perusahaan dikuatkan teori bahwa logo BMW adalah dari baling-baling berputar pada beberapa waktu di jurnal perusahaan-nya pada tahun 1942. 

Perusahaan juga menyebutkan bahwa logo berasal dari mesin pesawat 320 bhp pertama yang diproduksi oleh BMW. 

Pernyataan tersebut lebih lanjut menyebutkan bahwa ketika mesin sedang diuji, seorang insinyur mengagumi pantulan langit biru cerah pada baling-baling. 

Berdasarkan sisipan di jurnal itu, sang insinyur kemudian membayangkan logo dengan huruf BMW di atasnya dan persis dengan pembagian warna yang dimilikinya saat ini. 

Namun kemudian seorang juru bicara BMW tidak setuju dengan teori ini dan menyatakan alasan mengapa dia tidak setuju dengan itu. 

Terlepas dari gambar yang digambarkan sebelum Perang Dunia I dalam iklan, juru bicara tersebut menyangkal kebenaran teori ini. 

Alasan pertama adalah, logo itu sudah dirancang sebelum pengujian mesin disebutkan. 

Tidak mungkin bisa mendesain logo sebelum membayangkannya pada pengujian mesin itu. 

Selain itu, juru bicara menyebutkan bahwa BMW tidak memproduksi baling-baling tersebut.

Persis seperti itu, teori baling-baling berputar didiskreditkan sebagai klaim palsu yang dibuat oleh perusahaan untuk menjelaskan logo secara logis. 

Ini membuat orang bertanya-tanya bagaimana logo BMW dikonseptualisasikan hingga implementasinya.

Apa yang menginspirasi logo BMW yang Anda lihat hari ini?


Sumber gambar : (linkbotdesign.com)

Logo BMW yang memiliki empat divisi seper empat dengan ruang putih dan biru yang sama adalah logo BMW yang megah yang berada di puncak kap semua mobil yang diproduksi oleh perusahaan. 

Logo tersebut cukup signifikan dan unggul dengan sendirinya karena beberapa mengejar logo dan tidak peduli dengan apa yang ada di balik kapnya. 

Seperti yang telah ditentukan, logo yang tidak terinspirasi oleh baling-baling yang berputar sering membingungkan orang tentang asalnya. 

Logo utamanya memiliki dua sumber inspirasi, dan itu adalah logo Rapp dan bendera ibu kota tempat perusahaan ini diproduksi. 

Bagaimana kedua faktor ini memengaruhi desain logo yang kuat dan terkenal ini?

Logo Rapp
Sumber gambar : (linkbotdesign.com)

Rapp Motoren Werke Munchen,  perusahaan otomotif yang berkembang menjadi BMW, juga merupakan perusahaan Jerman yang mempengaruhi logo biru dan putih. 

Meskipun Rapp tidak mempengaruhi pemilihan warna yang digunakan dalam logo BMW, hal itu telah mempengaruhi sebagian besar, bentuknya. 

Tidak hanya memengaruhi bentuk logo, tetapi juga memengaruhi tata letaknya. 

Pertama-tama, logo Rapp memiliki bentuk melingkar, dengan batas tebal mengelilingi simbol. 

Tata letak kata-kata dan letak simbol juga sangat dipengaruhi oleh logo Rapp. 

Kata-kata pada logo BMW ditulis dengan cara yang sama seperti pada logo Rapp. 

Kata-kata pada kedua logo tersebut ditulis membentuk semacam setengah lingkaran di dalam batas tebal.

Meskipun logo Rapp berwarna hitam dan putih karena gambar berwarna tidak populer saat dirancang, logo tersebut tetap menginspirasi logo BMW. 

Lambang kuda hitam diganti dengan warna ikonik biru dan putih pada logo BMW. 

Jika logo tersebut berdampingan, Anda bisa melihat kesamaan antara kedua logo tersebut. 

Meskipun Rapp dibuat oleh BMW, namun tetap memberikan hasil yang luar biasa seperti yang kita lihat pada logo simbolis BMW saat ini. 

Karena logo Rapp adalah hitam dan putih, di mana BMW menemukan warnanya?

Konseptualisasi logo BMW

logo perusahaan manufaktur mobil besar ini memiliki beberapa sejarah dan merupakan raksasa langkah pengambilan keputusan. 

Misalnya, keputusan Rapp tumbuh menjadi BMW sangat memengaruhi logo tersebut. 

Logo tersebut juga mewakili negara bagian yang menampung ibu kota, sehingga menambahkan beberapa rasa lokal padanya. 

Kedua faktor ini digabungkan untuk menghasilkan logo unik yang kita lihat sekarang. 

Ini mudah tetapi dipikirkan dengan sangat baik dan direncanakan dengan cermat untuk menonjol tanpa kehilangan kesederhanaannya. 

Logo tersebut masih mengalami pengangkatan beberapa wajah selama bertahun-tahun, dan sedikit perubahan telah dilakukan, apa saja perubahan itu?

Evolusi logo hingga saat ini  
 
Logo BMW tidak banyak berubah selama bertahun-tahun, tetapi beberapa penyesuaian kecil telah dilakukan seiring dengan pertumbuhan perusahaan. 

Logo yang secara informal disebut roundel telah mengubah warna kata-kata dan batas tipis yang mengelilingi batas tebal dengan huruf di antaranya. 

Ketika pertama kali dirancang di dalam perusahaan, itu adalah sketsa kasar. 

Namun, mengingat tidak banyak alat saat itu, perusahaan melakukan pekerjaan dengan baik. 

Spasi antara huruf BMW ditulis sedikit di bagian atas logo dengan warna emas muda.

Seiring berjalannya waktu, pada tahun 1923 logonya disetel dengan baik, dan kata-katanya mulai lebih padat dan lebih berani.