Cara Mengamankan Sistem Dan Jaringan Komputer


Kemajuan teknologi telah membantu kami meningkatkan keamanan dan keselamatan kami - pikirkan kamera keamanan. Ini telah membantu kami meningkatkan produktivitas kami - pikirkan smartphone.

Namun, terkadang teknologi juga memberikan kepada kita beberapa potensi ancaman yang perlu kita tangani. Misalnya, di kantor maupun rumah tangga, kami memiliki jaringan nirkabel yang menghubungkan semua perangkat elektronik utama. Ini berpotensi menimbulkan masalah keamanan - karena hacker dapat bertujuan untuk menyerang sistem atau jaringan Anda dan mencuri informasi rahasia Anda.

Seberapa Parah Ancamannya?

Biaya pemulihan dari kerusakan keamanan semacam itu untuk organisasi besar bisa mencapai $7 Juta . Dan ini hanya kerugian ekonomi - selalu ada kerusakan yang dilakukan pada citra merek dan reputasi yang jauh lebih parah.

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Jadi, bagaimana Anda melindungi perangkat dari mata para hacker?

Berikut adalah beberapa cara untuk mengamankan sistem dan jaringan rumah atau kantor Anda.


1. Mengamankan sistem Anda dengan Kata Sandi

Mungkin tampak tidak perlu untuk memiliki kata sandi dan sistem terenkripsi sama sekali, tetapi ini telah menjadi salah satu alasan utama mengapa hacker dengan mudah dapat menyerang ke sistem karena kata sandi yang lemah dan aksesibilitas ke titik akses.

Semua jaringan nirkabel dan informasi rahasia harus dienkripsi dengan baik dengan nama pengguna dan kata sandi yang unik sehingga menyulitkan hacker untuk membobol sistem. Menggunakan enkripsi WPA2 adalah cara yang lebih aman daripada protokol enkripsi lainnya karena tidak mudah diretas.


2. Router Nirkabel yang Aman dan Terjamin

Router nirkabel memungkinkan banyak pengguna untuk menggunakan internet pada saat yang sama, tetapi jika itu dibiarkan terbuka lebar, itu bisa berbahaya. Setiap Individu dengan niat jahat dapat menggunakan internet Anda secara gratis, dan bahkan dapat mencuri informasi berharga Anda atau mungkin menggunakannya untuk beberapa kejahatan dunia maya. Jadi selalu disarankan untuk mengubah SSID yang disediakan oleh jaringan layanan dan menggunakan firewall.


3. Pemeriksaan sistem secara aktif

Ini terutama berlaku untuk pengguna kantor, karena mungkin ada beberapa orang dalam yang jahat, karyawan dari perusahaan yang mungkin meretas sistem. Relatif mudah bagi karyawan untuk mencuri dan meretas akun, karena mereka sangat memahami sistem dan jaringan. Hacker semacam itu berbahaya bagi organisasi. Jadi disarankan untuk melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap karyawan. Selain itu, file penting harus dienkripsi oleh admin sehingga tidak ada yang dapat menggunakannya kapan pun diperlukan.


4 Enkripsi seluruh disk

Ini terutama berlaku untuk pengguna Laptop, karena perangkat semacam itu dapat dicuri dengan mudah. Seseorang bahkan dapat kehilangannya, dan mungkin ada beberapa file penting di laptop yang dapat diakses oleh calon hacker atau pencuri.

Jadi, sebaiknya lindungi laptop atau sistem Anda dengan enkripsi seluruh disk. Mereka tidak terlalu mahal tetapi memberikan perlindungan pada informasi berharga Anda.


5. Perangkat lunak keamanan yang diperbarui

Selalu pastikan untuk memperbarui sistem operasi, browser web, dan yang paling penting perangkat lunak keamanan. Mereka terbukti bagus melawan virus atau malware apa pun. Pastikan untuk memindai salah satu USB dan perangkat eksternal lainnya dengan pemindaian keamanan perangkat lunak Anda untuk melindungi dari ancaman apa pun. Penting untuk selalu memperbarui perangkat lunak.


6. Menjaga keamanan internal Anda jauh dari jangkauan

Sebagian besar kantor serta rumah tangga telah menggunakan Kamera CCTVuntuk menjaga keamanan rumah atau kantor mereka dan terhubung ke jaringan rumah atau kantor untuk melihatnya kapan saja dan di mana saja. Tapi ini kadang bisa berbahaya.

Jika CCTV yang terhubung dengan sistem tidak dienkripsi dengan kuat maka hacker dapat dengan mudah melihat pembaruan rumah atau kantor Anda dan mencuri informasi utama. hacker dapat memperoleh semua wawasan tentang kantor dan rumah tangga Anda dan dapat mengambil langkah yang tepat pada waktu yang tepat. Jadi sangat penting untuk menjaganya tetap aman dengan username dan password yang mungkin tidak dapat ditebak. Anda dapat memiliki fitur alarm dan keamanan jika perangkat yang tidak dikenal meretasnya untuk menjaga keamanan sistem Anda.


7. Waspadai Spoofing dan Phishing

Hacker tahu bagaimana dan kapan membobol sistem. Mereka dapat menarik pengguna ponsel rumahan atau pengguna desktop kantor dengan meminta mereka mengunduh atau menginstal perangkat lunak apa pun untuk mempercepat kinerja sistem. Setelah mengunduh, semua informasi yang menguntungkan dapat dicuri oleh mereka.

Jangan mendaftar di situs web tidak tepercaya yang meminta informasi pribadi atau memasang perangkat lunak semacam itu. Juga hindari membuka lampiran email yang tidak dikenal karena mungkin ada virus, worm atau Trojan. Email ini dapat dikirim dari sumber tepercaya - jadi pikirkan sebelum mengklik.


Di atas adalah beberapa cara bagaimana Anda dapat menjaga keamanan sistem dan jaringan Anda tetapi disarankan untuk mengubah kata sandi Anda secara teratur sehingga tidak dapat diretas dengan mudah. Jangan pernah membiarkan file atau dokumen penting terbuka begitu saja di jaringan bersama terutama karena dapat dilihat dan diedit oleh siapa saja dengan mudah.