Penyebab serta Cara Mengatasi Komputer Hang


Cara Mengatasi Komputer Hang -
Mungkin sudah lumrah jika seseorang mengalami komputer yang tiba-tiba hang saat digunakan. Apalagi saat mengerjakan pekerjaan penting itu sangat mengganggu. Hal ini tentu akan membuat kita sangat kesal. Terdapat banyak cara mengatasi komputer hang yang dapat kalian terapkan.

Tidak hanya ampuh mengatasi laptop atau komputer yang hang tiba-tiba, cara ini juga dapat diterapkan mengatasi masalah komputer hang lainnya. Seperti komputer yang sering error tanpa sebab yang jelas.

Ada beberapa hal yang menjadi faktor komputer hang atau macet saat digunakan. Sebelum mengetahui bagaimana cara mengatasi komputer hang atau macet perlu kalian ketahui terlebih dahulu apa penyebabnya. Adapun pemyebab komputer menjadi hang adalah sebagai berikut:

1. Komputer Hang Terkena Virus

2. Komputer Hang Overheating

3. Memori RAM Penuh

4. Harddisk Bermasalah

5. Driver Hardware yang Tidak Cocok

6. Komputer Hang Saat Internetan


1. Cara Mengatasi Komputer Hang Terkena Virus


virus menjadi salah satu masalah yang berbahaya bagi komputer atau laptop, sebab itu bukan tidak mungkin jika virus yang terdapat dalam komputer bisa merusak sistem dan menyebabkan komputer menjadi hang.

Virus yang menyerang laptop ini bisa terjadi saat internetan, khususnya saat menggunakan wifi publik. Selain itu, virus juga dapat muncul akibat perangkat lain yang tersambung ke laptop atau komputer kalian.

Apabila sebuah komputer sudah terinfeksi virus, cara yang tepat untuk mengatasinya adalah dengan meangaktifkan safe mode. Pada safe mode kalian dapat melakukan scan menggunakan antivirus. Jika cara tersebut tidak dapat membersihkan virus, maka jalan terakhir adalah dengan install ulang.

Tentunya cara ini memiliki resiko yang lebih besar meskipun lebih cepat dalam mengatasi virus yang bersarang. Menginstall software antivirus sangat berguna untuk mencegah virus menginfeksi komputer kalian. Pastikan software antivirus yang kalian miliki mampu membasmi virus dan trojan berat yang sering menyebabkan kerusakan sistem.


2. Cara Mengatasi Komputer Hang Overheating


Rusaknya sistem pendingin pada CPU juga dapat menyebabkan komputer mudah sekali panas, Dan dampaknya CPU atau Processor pada komputer maupun laptop yang bekerja secara berlebihan akan menyebabkan hang.

Berikut adalah cara mengatasi komputer hang yang bisa dilakukan akibat overheating :

• Bersihkan kipas pendingin dari debu yang menempel.

• Ganti thermal paste yang baru pada procesor dan heatsing karena Thermal paste yang kering dapat menyebabkan prossecor cepat menjadi panas.

• Saat memasang kipas dan heatsing pastikan letaknya sudah sesuai. Apabila terdapat kesalahan saat pemasangan, hal itu akan menyebabkan masalah yang lebih serius.

• Setelah selesai coba nyalakan kembali laptop dan pastikan laptop atau komputer yang kalian gunakan sudah berjalan normal.


3. Memori RAM Penuh


memori RAM yang telah mencapai batas bisa menyebabkan komputer menjadi hang dan lemot.

Karena memori RAM pada komputer memiliki peran yang penting untuk menjalankan berbagai aktifitas dalam komputer.

Saya sarankan sebelum kalian menginstall banyak aplikasi pada komputer kalian pastikan memori RAM pada komputer kalian cukup. Meski bersifat sebagai penyimpanan sementara, memori RAM ini sangat berguna untuk menjalankan aplikasi.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengurangi aktifitas multi tasking agar RAM dapat bekerja optimal. Jika memang membutuhkan RAM yang besar, kalian juga bisa menambah kapasitas RAM pada komputer atau laptop.

Sebelum memasangkan RAM tambahan, pastikan bahwa RAM tersebut sesuai. Karena sering terjadi masalah memori atau RAM tambahan yang tidak terbaca. Hal tersebut akibat memori yang tidak sesuai dengan spesifikasi laptop.


4. Driver Hardware yang Tidak Cocok


Sebelum kaliam menginstall driver hardware alangkah baiknya kalian perhatikan terlebih dahulu apakah driver telah sesuai dengan Windows dan sistem operasi yang bekerja pada komputer. Karena menginstall driver hardware yang tidak sesuai dengan Windows juga dapat menyebabkan komputer error.

Namun jika kalian sudah terlanjur menginstall driver yang tidak sesuai segera lakukan install ulang atau update driver secara otomatis.

Gunakan Driver easy atau DVD DriverPack Solution untu mengetahui driver yang sesuai dengan sistem operasi yang ada di laptop atau komputer.

Cara mengatasi komputer hang akibat driver yang tidak cocok lainnya adalah masuk ke menu Device Manager. Pada menu tersebut cari dan hapus driver yang disilang. Itu mengindikasikan bahwa driver tidak sesuai dengan komputer yang kalian gunakan.


5. Harddisk Bermasalah


pastikan memori harddisk yang tersisa dalam laptop atau komputer tidak kurang dari 25% total memori. Karena Harddisk merupakan komponen penyimpanan utama dalam komputer juga dapat menyebabkan komputer hang.

Cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi komputer hang karena harddisk bermasalah yaitu dengan membersihkan harddisk dari file-file sampah. Untuk membersihkan sampah pada harddisk lakukan Disk Cleanup dengan cara klik ikon Windows+R, lalu ketik clean.

Atau kalian bisa mengklik kanan pada penyimpanan harddisk, lalu pilih Properties. Pada pilihan tersebut terdapat opsi Disk Cleanup. Kalian bisa membersihkan file chace, temporary file, dan file sampah lainnya.


6. Komputer Hang Saat Internetan


Komputer yang hang saat internetan dapat terjadi karena membuka situs yang terlalu banyak.

Apabila situs yang dibuka terlalu banyak segera tutup web browser yang digunakan, lalu bersihkan cache.

File chace juga bisa menyababkan komputer error saat loading windows. Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan menambah kapasitas memori RAM.

RAM yang cukup besar akan memudahkan aktifitas internetan dan mencegah terjadinya hang saat digunakan.

Jangan lupa untuk Hapus Plugin dan add-ons yang tidak diperlukan. Hal ini biasanya menyebabkan kinerja browser berat karena banyaknya plug-ins dan add-ons yang terinstall sendiri saat laptop terhubung internet.


Catatan:

Ada baiknya kalian mencari tahu penyebabnya terlebih dahulu, sebelum kalian mengatasi laptop yang sering hang. Mungkin cuma segini pembahasan, penyebab dan cara mengatasi komputer hang dan macet tiba-tiba yang dapat kalian terapkan sendiri dirumah.

Semoga bermanfaa!